TOP258PN

TOP258PN
Ready stock IC regulator TOP258PN, 085646773531 atau langsung ke Toko

Memperbaiki Keyboard Laptop atau Netbook

Inilah cara untuk memperbaiki keyboard laptop atau netbook yang mencet sendiri dan menyebabkan laptop kamu gagal booting. Pada previous posting kita telah membahas penyebab bunyi tiittt yang muncul sesaat setelah kita menekan tombol power laptop dan menyebabkan booting tidak berjalan lancar.
Nah, jika memang penyebabnya adalah karena keyboard bermasalah ( mencet sendiri ) seperti yang telah kita bahas maka silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengatasinya. Namun sebelumnya alangkah baiknya jika kamu baca dulu artikel ini agar keyboard bisa di perbaiki tanpa ada masalah baru.
1. Sebelum kita mulai bekerja perlu kami ingatkan bahwa pekerjaan ini butuh ketelatenan dan kondisi yang fresh, kalo perlu siapkan sebungkus gudang garam international, hehe biar lebih fresh. Let's begin!
2. Setelah keyb oard kita lepaskan dari laptop, maka siapkan obeng min yang kecil sekali untuk membuka tombol-tombol pada keyboard dan sebuah pinset, atau silahkan pilih sendiri alat yang sesuai kesukaan anda.
3. Lepaslah tombol-tombol keyboard satu persatu menggunakan kuku dengan hati-nati, jangan sampai dudukan tombol huruf patah yang mengakibatkan anda harus bekerja lebih banyak lagi. Anda bisa memilih sendiri cara terbaik untuk melepasnya
4. Lepaslah dudukan tombol huruf keyboard dengan hati-hati agar tidak patah, gunakan obeng min kecil yang telah disiapkan
5. Setelah semua tombol dan dudukan tombol sudah terlepas maka bersihkan permukaan keyboard menggunakan kuas perlahan-lahan sampai bersih.
6. Lapisan mika keyboard adalah 3 lapis, lapisan teratas berisi jalur-jalur sisi atas keyboard, lapisan tengah adalah penyekat agar tombol keybaord tidak menekan dengan sendirinya atau lengket setelah tombol ditekan, dan lapisan bawah berisi jalur-jalur bagian bawah keyboard juga. Nah, gunakan kuku anda untuk memisahkan salah satu lapisan dengan hati-hati. Anda bisa memilih lapisan bawah atau lapisan atas untuk dipisahkan dengan lapisan yang lain, tujuannya adalah agar jika ada jalur pada lapisan bawah yang lengket dengan jalur lapisan atas bisa terlepas. Pisahkan salah satulapisan ini mulai dari kiri ke kanan atau sebaliknya dengan pelan-pelan dan hati-hati. Setelah lapisan terpisah gunakan peralatan yang agak empuk untuk memisahkan lapisan yang sudah di pisahkan tersebut dan diamkan kira-kira 30 menit sampai 1 jam. Tjuannya adalah agar sat dikembalikan ke posisi semula agar tidak lengket, atau kalo pengen cepet2 bisa diolesi bedak-nya si baby kemudian dibersihkan sampek bener2 bersih biar tidak ganggu tombol saat di pencet ( tips dari Fishlove )  
Lihat video dibawah ini

7. Setelah kira-kira 1 jam silahkan di kembalikan kembali seperti posisi semula namun tombol jangan dipasang dulu.
8. Pasang keyboard pada laptop ( tanpa tombol ) dan cobalah untuk menyalakan laptop anda, saya yakin bunyi tiittt akan hilang.
9. Setelah masuk windows ( atau OS yang lain ) check seluruh huruf, angka, da kode yang ada di keyboard dan pestikan semuanya berfungsi dengan baik, untuk pekerjaan ini anda bisa menggunakan software keyboard checker, silahkan  cari di google yang gratis banyak.
10. Kemudian biarkan laptop menyala dalam beberapa waktu untuk memastikan keyboard tidak kumat lagi.
Setelah langkah-langkah diatas dilakukan segera matikan laptop dan rakit keyboard seperti sedia kala denga hati-hati agar tidak ada dudukan tombol yang patah. Selamat mencoba.

2 comments :

herni hadi said...

makasih buat infonya salam

rajalistrik.com

hariadi sugeng said...

thanks bgt gan buat infonya, sangat membantu.
kunjungi juga : www.food-sand-beverage.blogspot.com n http://buyonline-amazon.blogspot.com

Post a Comment

 
 
Copyright © 2011 - 2014 Info Komputer
Free Any Laptop Drivers
Term of Service | About Us | Contact Us | Layanan Kami | Pasang iklan | Feed
Authorized by Jiwacomp Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com