Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Keyboard Laptop Tombol Tidak Fungsi

Ayo kita memperbaiki keyboard laptop lagi. Hehe, seperti kita udah bahas di post yang lalu tentang cara memperbaiki keyboard laptop, kali ini kita akan bahas lagi cara memperbaiki keyboard laptop, dengan kasus yang berbeda tentunya. Kalo pada bahasan kita sebelumnya keyboard laptop yang kita perbaiki tombol-tombolnya ada yang nyantol, kali ini kerusakan keyboard yang kan kita perbaiki adalah ada beberapa tombol keyboard yang tidak berfungsi, penyebabnya adalah putusnya jalur menuju tombol-tombol tersebut.
Nah disini saya akan share tentang pengalaman dalam memperbaiki keyboard yang beberapa tombolnya tidak berfungsi. Pada pengalaman saya tersebut laptop yang di perbaiki adalah Netbook Asus Eee PC 701/XP. Dimana huruf R, T, Y dst... dan huruf Z, X, C dst. tidak berfungsi, sedangkan huruf yang normal. Kita tahu bahwa  R, T, Y adalah berada dalam 1 jalur, maka huruf yang berada pada jalur2 ini akan tidak berfungsi, demikian juga Z, X, C dan seterusnya. Nah Project kita kali ini adalah menyambung jalur yang terputus tersebut.
Beberapa alat yang akan kita gunakan pada project ini adalah :
1. Potongan kabel kecil

2. Isolasi

3. Double tape

4. Multi tester untuk menge-cek posisi putusnya jalur pada mika.
Sebelum kita menghubungkan jalur yang terputus tentunya kita harus membungkar total keyboard yang akan diperbaiki, lihat pada posting sebelumnya tentang cara membungkar keyboard laptop. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut :
1. Petakkan tombol2 yang tidak berfungsi dan telusuri jalurnya hingga sampai pada pangkal jalur yang terhubung dengan mainboard netbook dan ceh dimana titik terputusnya jalur, biasanya ditandai dengan warna karbon sebagai conductor berubah seperti bekas terbakar. Untuk action ini silahkan menggunakan multi tester atau AVO meter. Bisa kan? kalo tidak bisa ya kebangeten, hehe..
2. Setelah titik terputusnya jalur kita cek titik terdekat yang memungkinkan kita pasang jumper ( menggunakan potongan kabel yang telah disiapkan, ambil 1 urat saja )
3. Kemudian tempelkan jumper pada jalur yang terputus sebagai pengganti jalur utama dan rekatkan menggunakan double tape dengan posisi yang baik, sehingga tidak mengganggu dudukan tombol saat nanti kita mau pasang.
4. Setelah dipasang silahkan cek menggunakan Multi tester, jika sukses, diamkan dulu selama kira-kira 30 menit untuk memastikan kabel benar-benar terhubung dengan baik.
5. Jangan lupa cek jalur lain yang terputus dan sambung menggunakan jumper seperti langkah diatas.
Setelah semua selesai silahkan keyboard dipasang kembali sesuai aslinya. Selamat mencoba

14 komentar untuk "Memperbaiki Keyboard Laptop Tombol Tidak Fungsi"

  1. Blog njenengan itu BUAGUS BANGET. thanks ya gan (y)

    BalasHapus
  2. thanks jg kang wisnu, semoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. salam hormat,kalo tombol yang fungsi cuma esc sama enter gimana bos.trima kasih

    BalasHapus
  4. salam hormat,kalo tombol yang fungsi cuma esc sama enter gimana bos.trima kasih

    BalasHapus
  5. hi imam...
    di bungkar saja, pisahkan mikanya, hati-hati, kembalikan lagi insyaAllah beres, kita udah bahas kok silahkan di cek

    BalasHapus
  6. laptop thoshiba gitu juga ya gan cara buka kyboard nya??? 0,0

    BalasHapus
  7. semua laptop sama saja. cara bungkar tergantung typenya dong,

    BalasHapus
  8. gan, ane mau tanya nih, laptop ane merk axioo, selesai main game, beberapa tombol gak fungsi. itu gimana nyeleseinya, udah direstart gak mempan, masa harus tekan tombol Fn dulu br bisa

    BalasHapus
  9. udah ane bongkar, gk fungsi juga gan, dan akhirnya ketemu alternatifnya, pakai keyboard virtual, selama beberapa hari, emang karna kesalahan di sistem OSnya, abis itu dipaksa dicabut batre laptop atau charger yg terhubung trus dinyalain lagi. jangan lupa kunbal gan, thanks

    BalasHapus
  10. Gan laptop ane Toshiba yang beberapa bulan ini error mulu,awalnya gini gan ky ane mulai error tombolnya gak muncul hurufnya di layar sampe seperti tertekan terus, ane coba deh ke sc katanya harus di bersihin nah selesai dibersihin malah katanya harus diganti ky nya y udh deh ane ganti. Setelah 2 bulanan tombolnya tiba" kumat lagi padahal ane udh ganti baru dan gak pernah kejatuhan apa" gan. Gmn y gan solusinya? Trims

    BalasHapus
  11. gan KB ku yang tidak bisa tombol 4RFV 8IK, gulir bawah
    gimana tu gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. inshA 1 jalur itu gan... ada yang nyantol tidak? coba aja bungkar dulu. Kalo belum putus jalurnya di bungkar aja biasanya beres

      Hapus