Segera install browser yang support javascript untuk tetap bisa mengakses blog jiwacomp dan untuk lebih fleksibel bertanya di area komentar

Cara sharing printer disini maksudnya adalah satu buah printer agar bisa digunakan banyak komputer dalam jaringan lokal, misalnya dalam sebuah kantor atau perusahaan yang banyak menggunakan komputer namun kkarena alasan efisiensi hanya menggunakan satu printer saja.
Kita tahu bahwa frekwensi kerusakan printer tentu lebih tinggi daripada komputer. Tidak digunakan tiga hari saja sudah bermasalah katridnya, maka bisa dibayangkan jika tiap komputer menggunakan satu buah printer, tentu akan banyak sekali biaya perawatan yang diperlukan, sedangkan penggunaan printer tidak setiap saat. Maka sharing printer adalah pilihan tepat, selain lebih effisien karena hanya butuh merawat satu buah printer saja dengan sharing printer juga bisa mengirit energi listrik. Nah untuk komputer yang sudah terhubung dalam satu jaringan lokal, sharing printer adalah mudah saja, hanya dengan setting di control panel maka printer siap digunakan semua komputer dalam jaringan lokal tersebut. Namun bila komputer-komputer tersebut belum terkoneksi maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

Alat untuk Sharing Printer
Peralatan-peralatan yang harus kita siapkan adalah :
1. Sebuah HUB pembagi lan, dengan jumlah lan disesuaikan dengan jumlah komputer. Anda bisa tanya ke kion komputer tentang hal ini.
2. Kabel Lan ( UTP ) berikut konektor RJ45 dan tang  dengan jumlah sesuai kebutuhan. Untuk cara penggunaannya kamu bisa search via google, banyak sekali blogger lain yang membahas hal ini.

Langkah-langkah Sharing Printer
Kemudian langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk persiapan sharing printer adalah :
1. Pasang HUB, sesuaikan tempatnya agar mudah di jangkau oleh semua komputer
2. Pasang semua kabel lan dan konektor RJ45 sesuaikan dengan teksture tempat komputer
3. Hubungkan Printer ke salah satu komputer menggunakan kabel USB priner yang biasa digunakan
4. Setelah semua komputer terhubung dengan HUB dan Printer juga sidah dihubunbgkan ke PC, maka kita siapkan pengeturan di dalam komputer.
5. Install driver pada komputer yang terhubung langsung dengan printer, tentunya menggunakan CD driver printer atau kamu bisa download free.
6. Set IP komputer yang terhubung langsung dengan printer dengan urutan sesuai keinginan kamu, misalnya
IP address : 192.168.1.2
Subnet mask : 225.225.225.0
Default gateway : 192.168.1.1 ( sesuaikan dengan gateway internet kamu, jika menggunakan internet )
Preferred DNS server : 202.168.1.10 ( bisa dikosongkan atau disamakan dengan gateway )
Alternate DNS server : 125.160.2.34 ( bisa dikosongkan )
7. Setting share printer, Masuk ke Printers and Faxes, Pilih printer yang akan disharing dan klik kanan, lalu pilih sharing...,  Pilih Share this printer dan klik OK, maka akan ada icon share pada printer yang telah dipilih, printer telah online dan setting komputer satu telah selesai. Kamu tinggal sett komputer lain untuk mendeteksi printer yang telah online ini.
8. Maaf mau sarapan dulu, dilanjut nanti yha.......
Posting ini juga bisa kamu baca di repair2012.com


0 comments On Cara Sharing Printer [+] Post a Comment

Jangan gunakan Opera mini utk lebih mudah memberi pertanyaan,
Saran pertanyaan.
Jenis laptop/printer/proyektor dll. : ...
Keluhan : ...
Kronologi kerusakan : ...
Action yg pernah dicoba dan hasilnya : ...

Popular Posts